Cara Atur Waktu Saat Kuliah Online

By | April 26, 2022
Spread the love

Semenjak pandemi setiap kegiatan dialihkan menjadi online tidak terkecuali perkuliahan. Hal semacam ini tentunya dilakukan agar penyebaran COVID-19 bisa segera hilang. Salah satu cara kegiatan pembelajaran mahasiswa tetap berjalan maka dilakukan pembelajaran secara online atau daring.

Tips Mudah Mengatur Waktu

Banyak yang mengira perkuliahan secara online lebih santai, namun ketika dijalankan tentunya model perkuliahan online memiliki tantangan tersendiri. Tentunya diperlukan konsentrasi serta skill ekstra untuk mengatur waktu. Agar perkuliahan online menjadi lebih efektif maka berikut ini adalah tips untuk mengatur waktu saat menjalankan perkuliahan online.

  • Buat Prioritas Kegiatan

Langkah paling utama yaitu kalian harus membuat urutan prioritas kegiatan. Prioritas paling utama tentu saja jadwal kuliah secara online baru setelah itu buat jadwal belajar lainnya. Prioritas lainnya baru kerjakan tugas yang disesuaikan dengan deadline yang paling mendesak atau usahakan mencicil tugas jauh-jauh haru sebelum deadline.

  • Buat Agenda Kegiatan

Jika kalian sudah mengurutkan apa saja yang menjadi prioritas maka bisa dilanjutkan dengan membuat agenda kegiatan. Agenda tersebut berisikan apa saja kegiatan yang akan dilakukan, jangan lupa buat agenda dengan sebaik-baiknya.

Agenda tersebut bisa berupa jadwal kapan mengerjakan tugas kuliah, bimbingan bersama dengan dosen ataupun jadwal mengerjakan skripsi. Agar semua agenda tadi tidak lewat dari deadline ada baiknya tetapkan durasi atau waktu pengerjaannya, usahakan untuk tidak melewati deadline yang telah ditentukan supaya tidak kewalahan.

  • Kenali Gangguan

Tips lainnya yaitu kalian harus mengetahui apa saja hal yang membuat kalian sangat mudah terdistraksi. Hal tersebut tentunya tidak bisa kalian biarkan begitu saja dan tentu saja kalian harus paham betul apa saja hal-hal yang sangat mudah mengalihkan perhatian.

Cari tahu mengenai apa saja hal tersebut seperti chatting dengan teman, bermain sosial media ataupun menonton drama Korea. Tentunya dengan memahami apa saja hal yang mudah mengalihkan perhatian dari kuliah online akan lebih mudah bagi kalian dalam mengatur strateginya sehingga kalian bisa lebih fokus dengan kuliah online.

  • Jangan Menunda Pekerjaan

Salah satu penyakit yang sering dilakukan oleh banyak orang tanpa disadari padahal sanga berbahaya yaitu menunda pekerjaan. Sebagai contoh saat kalian diberikan tugas oleh dosen, bukan langsung mengerjakannya namun menundanya dengan dalih deadlinenya masih lama.

Padahal jika kalian memasukkan “mengerjakan tugas” dalam daftar prioritas, maka menundanya merupakan hal yang bisa merusak rencana. Sehingga pada akhirnya kalian akan mengerjakan tugas mepet waktu deadlinenya sehingga hasilnya tidak akan maksimal. Maka mulai saat ini biasakan untuk tidak menunda pekerjaan karena akan mengacaukan segalanya.

  • Jangan Lupa Istirahat

Sepadat apa pun jadwal kuliah online dan tugas jangan pernah lupakan waktu untuk beristirahat. Hal ini bertujuan agar pikiran bisa lebih jernih dan mudah berkonsentrasi nantinya ketika kuliah online. Saat sedang beristirahat usahakan untuk benar-benar fokus pada diri kalian dan lupakan soal perkuliahan sejenak.

  • Isi Waktu Luang Dengan Hal Bermanfaat

Jika kalian sudah membuat daftar prioritas tentu akan paham kapan saja waktu yang tersedia sebagai waktu luang. Tentunya banyak cara yang bisa dilakukan untuk mengisi waktu luang tadi seperti mencoba hal baru, membantu orang tua, membaca buku, bermain dengan saudara dan kegiatan bermanfaat lainnya.

Sehingga dibandingkan kalian menghabiskan waktu luang hanya untuk bermalas-malasan dengan bermain sosial media maka beberapa referensi kegiatan di atas bisa kalian coba. Jadi intinya gunakan waktu luang sebaik mungkin dengan kegiatan bermanfaat.

  • Jangan Lupa Olahraga

Hal penting lain yang tidak boleh kalian lewatkan yaitu jangan biarkan tubuh tidak mendapatkan asupan olahraga. Olahraga tidak hanya di luar ruangan namun juga bisa dilakukan di dalam ruangan seperti sit up, push up, angkat beban bahkan naik turun tangga bisa dijadikan olahraga. Bahkan saat ini di internet sudah banyak video work out yang bisa kalian ikuti.

  • Kerjakan Tugas Di Pagi Hari

Pagi hari merupakan waktu yang paling pas untuk mengumpulkan berbagai macam informasi baru dan pagi hari juga adalah saat yang pas untuk mengingat angka dan fakta. Maka dari itu tidak ada salahnya untuk mencoba mengerjakan tugas perkuliahan pada pagi hari sehingga kalian akan lebih mudah dalam mencerna semuanya.

Jadi tidak ada salahnya pada pagi haru kalian memulai aktivitas lebih awal dan menyelipkan kegiatan mengerjakan tugas pada waktu tersebut. Walaupun terdengar merepotkan, namun jika kalian membiasakan kegiatan tersebut di pagi haru maka akan menjadi terbiasa.

  • Jangan Abaikan Daftar Yang Dibuat

Jadi itulah beberapa tips yang bisa kalian pergunakan untuk mengatur waktu selama perkuliahan online. Selalu ingat untuk membuat daftar prioritas dan memanfaatkan waktu sebaik mungkin, jangan lupa juga untuk selalu menjaga kesehatan tubuh dengan berolahraga dan istirahat cukup.

Jika kondisi tubuh tetap fit tentu saja kalian akan memiliki kemampuan untuk menyelesaikan semua kegiatan yang dimiliki. Saat kondisi tubuh sedang tidak baik tentu saja semua jadwal yang kalian susun dengan baik tidak bisa terealisasikan sebagaimana mestinya.